Sabtu, 23 Januari 2016

bentuk lipatan napkin


Lipatan Napkin dan Cara Membuatnya

Lipatan napkin dapat dikreasikan dengan berbagai jenis macam bentuk. Beberapa lipatan yang paling populer digunakan hingga sekarang ini adalah sebagai berikut:
  1. Lipatan Pocket atau Saku
  2. Lipatan Kipas atau Accordion
  3. Lipatan Tulip
  4. Lipatan Klasik
  5. Lipatan Peacock atau Merak
  6. Lipatan Snowflake atau Salju
  7. Lipatan Ring
  8. Lipatan Cock Com / Bird of Paradise atau Burung dari Surga
napkin berfungsi sebagai alat bantu untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Di restoran, biasanya napkin juga difungsikan sebagai hiasan atau dekorasi dalam table setting.
Ada dua jenis bahan napkin, yaitu napkin yang berbahan dasar kertas dan napkin yang berbahan dasar kain.Namun, kebanyakan restoran menggunakan napkin yang berbahan dasar kain.
Kedua jenis napkin tersebut sebenarnya tidak memiliki perbedaan dari segi fungsional, hanya saja napkin berbahan dasar kertas memang dimaksudkan untuk penggunaan sekali pakai. Napkin berbahan dasar kertas ini memang dari segi pembiayaan lebih cenderung murah, namun sebenarnya dari sisi jangka panjang, napkin kain lebih efisien untuk total cost atau pembiayaan yang diperlukan. Selain itu, prestige dari napkin kertas kurang begitu tinggi sehingga restoran bonafit sangat jarang atau mungkin tidak pernah menggunakan napkin berbahan dsar kertas ini.
Berbeda halnya dengan napkin berbahan dasar kertas, napkin yang terbuat dari kain memiliki beberapa kelebihan. Meskipun mahal, napkin berbahan kain ini lebih bagus ketika dilipat karena kain yang dilipat akan kelihatan lebih lembut dan lebih artistik.
Sedikit tips dalam hal lipatan napkin ini. Setrika napkin dengan menggunakan sedikit kanji. Hal ini ditujukan untuk membuat napkin mudah dilipat dengan jari dan mudah ditegakkan.
Dalam hal penyimpanan. Ketika selesai dibersihkan, napkin kain sebaiknya disimpan dalam keadaan tidak terlipat atau dengan sedikit lipatan saja, misalnya lipatan miring untuk menghemat ruang penyimpanan. Dengan penyimpanan yang seperti ini, napkin akan lebih mudah untuk dilipat dengan berbagai macam bentuk ketika akan digunakan lagi.

cara membuatnya

Lipatan Pocket atau Saku

Lipatan napkin pocket atau saku ini biasanya digunakan ketika piknik atau bertamasya. Napkin kertas ataupun napkin berbahan dasar kain bisa digunakan untuk membentuk lipatan ini.
Lipatan Napkin Pocket atau Saku
1. Pertama-tama, lipat napkin dua kali dengan cara napkin dilipat menjadi dua, kemudian di lipat lagi.
Lipatan Napkin Pocket atau Saku 2
2. Setelah membentuk seperti gambar, gulung lapisan pertama dari lipatan napkin samai kebagian tengah. Gulungan tidak harus membentuk silinder, tapi bisa dibentuk dengan melipat beberapa kali hingga sampai ke bagian tengah.
Lipatan Napkin Pocket atau Saku 3Lipatan Napkin Pocket atau Saku 4
3. Setelah tergulung, balik napkin kemudian lipatlah sisi kiri napkin ke bagian tengah. Lakukan hal yang sama dengan bagian kanan napkin.
Lipatan Napkin Pocket atau Saku 5Lipatan Napkin Pocket atau Saku 6
4. Setelah kedua sisi napkin terlipat dengan rapi, balik posisi napkin dan sekarang terdapat tempat di bagian depan napkin yang bisa digunakan untuk memasukkan sendok, garpu maupun peralatan makan lainnya. Lipatan ini sangat cocok untuk digunakan ketika sedang jalan-jalan dan berencana makan di suasana terbuka.

Lipatan Kipas atau Accordion

Untuk lipatan napkin kipas ini, pertama-tama setrika terlebih dahulu napkin yang akan digunakan dengan ditaburkan sedikit kanji. Ini dilakukan agar napkin dapat lebih kaku ketika dibentuk.
Lipatan Napkin Kipas atau Accordion 1
Jika anda pernah membuat origami kipas dengan menggunakan kertas, maka untuk lipatan napkin berbentuk kipas ini juga menggunakan prinsip origami tersebut.
Lipatan Napkin Kipas atau Accordion 2
1. Mulai lipatan dari sisi napkin lalu lipat sedikit demi sedikit (jangan terlalu besar atau terlalu kecil) hingga lipatan sampai ke ujung napking yang satunya.
Lipatan Napkin Kipas atau Accordion 4
2. Setelah semuanya terlipat, rapatkan lipatannya dan kemudian dalam posisi memanjang, lipat napkin menjadi dua.
Lipatan Napkin Kipas atau Accordion 5
3. Bagian ujung lipatan kemudian bisa dimasukkan ke cincin napkin atau cincin dekorasi agar lipatan tidak terurai kembali.

Lipatan Tulip

Lipatan Napkin Tulip 1
Lipatan tulip ini juga memerlukan napkin kain yang sudah disetrika dengan taburan kanji.
Lipatan Napkin Tulip 2
1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melipat napkin menjadi dua. Sedikit berbeda dengan lipatan napkin pocket seperti yang sudah dipelajari di atas, lipatan napkin untuk jenis ini harus membentuk segitiga. Oleh karenanya gunakanlah napkin bujur sangkar. Kemudian posisikan bagian terbuka dari lipatan napkin berbentuk segitiga ini dibagian atas.
Lipatan Napkin Tulip 3
2. Setelah berada pada posisi yang sesuai seperti yang ada di gambar, lipat bagian kiri bawah ke arah bagian terbuka yang berada di atas.
Lipatan Napkin Tulip 4
3. Lakukan hal yang sama untuk bagian kanan bawah napkin ini.
Lipatan Napkin Tulip 5
4. Setelah kedua bagian terlipat rapi, lipat kembali bagian sisi kiri bawah napkin ke arah tengah. Lihat gambar.
Lipatan Napkin Tulip 6
5. Lakukan hal yang sama untuk bagian kanan bawah napkin.
Lipatan Napkin Tulip 7
6. Setelah kedua bagian terlipat, balik napkin kemudian ambil sisi kanan napkin dan lipat ke arah sisi kiri, sehingga napkin terbentuk menjadi seperti gambar. Ingat bagian lipatan harus berada di luar, jika terbalik, maka napkin tidak akan terbentuk.
Lipatan Napkin Tulip 8
7. Setelah terlipat, tegakkan napkin dan buka sisi-sisi yang terlipat, lalu rapikan sehingga menjadi seperti gambar.

Lipatan Klasik

Lipatan Napkin Klasik 1
1. Lipatan awal napkin ini mirip dengan lipatan tulip seperti di atas. Lipat napkin menjadi 2 bagian sehingga berbentuk segitiga. Posisikan bagian terbuka dari lipatan napkin di atas, lalu ambil bagian terbukanya dan lipat kebawah sehingga membentuk segitiga kecil terbalik.
Lipatan Napkin Klasik 2
2. Putar posisi napkin 180 derajat hingga seperti gambar.
Lipatan Napkin Klasik 3
3. Lipat ujung kiri napkin hingga bagian tengah ke arah bawah.
Lipatan Napkin Klasik 4
4. Lakukan hal yang sama dengan ujung bagian kanan, hingga membentuk ketupat.
Lipatan Napkin Klasik 5
5. Lipat bagian kiri bawah napkin ke arah atas bagian belakang. Lihat gambar
Lipatan Napkin Klasik 6
6. Lakukan hal yang sama dengan ujung kanan bawah.
Lipatan Napkin Klasik 7
7. Tegakkan napkin dengan cara melipat napkin tersebut menjadi dua bagian, dan napkin siap diletakkan di atas piring kosong sebagai salah satu dekorasi table setting.

Lipatan Peacock atau Merak

Lipatan peacock atau merak memerlukan napkin yang sudah disetrika dengan sedikit taburan kanji serta sebuah gelas, bisa juga digunakan water goblet sebagai tempat meletakkan napkin.
Lipatan Napkin Peacock atau Merak 1
1. Langkah pertama ialah dengan melipat napkin secara diagonal hingga membentuk segitiga. Setelah itu, possikan bagian segitiga yang terbuka di atas dan lipat sisi kanan hingga ke tengah napkin.
Lipatan Napkin Peacock atau Merak 2
2. Lipat juga sisi kiri ke bagian tengah napkin. Berikan sedikit tekanan ke napkin agar lipatan menjadi rapi.
Lipatan Napkin Peacock atau Merak 3
3. Setelah kedua bagian terlipat dengan rapi, lipat ujung bawah dari napkin sampai tepat ke bagian tengah, sehingga menyentuh sisi kiri dan kanan dari lipatan napkin sebelumnya.
Lipatan Napkin Peacock atau Merak 4
4. Setelah itu, ambil ujung dari lipatan bagian bawah napkin dan lipat kebawah. Ujung yang dilipat ini kira-kira 2 – 3 centimeter atau sesuaikan dengan ukuran napkin.
Lipatan Napkin Peacock atau Merak 5
5. Setelah lipatan membentuk kepala, lipat kembali napkin menjadi dua dengan bagian tengahnya adalah kepala dari merak tersebut. Lihat gambar.
Lipatan Napkin Peacock atau Merak 6
6. Setelah terlipat dengan rapi, perlahan-lahan tempatkan badan merak yang terbuat dari napkin tersebut ke dalam gelas atau water goblet.
Lipatan Napkin Peacock atau Merak 7 Lipatan Napkin Peacock atau Merak 8
7. Rapikan posisinya dan buat seanggung mungkin, dan napkin siap dijadikan dekorasi untuk table setting.

Lipatan Snowflake atau Salju

Napkin yang akan dibentuk dengan lipatan snowflake harus disetrika dengan menggunakan sedikit taburan kanji agar lebih mudah dibentuk. Sebenarnya lipatan napkin ini menggunakan prinsip origami yang mungkin sudah pernah anda praktekkan sebelumnya. Jadi langsung saja lihat bagaimana cara melipat napkin berbentuk salju ini.
Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 1
1. Pertama-tama lebarkan napkin di atas meja tanpa dilipat, dan posisikan bagian ujung dari napkin berada di atas sehingga bentuknya menyerupai layangan. Setelah berada pada posisi yang benar, lipat kedua ujung napkin bagian atas dan bawah ke arah tengah.
Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 2
2. Lakukan hal yang sama untuk ujung napkin bagian kiri dan kanan.
Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 3 Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 4
3. Setelah semua ujungnya terlipat ke arah tengah dengan rapi, secara perlahan-lahan balik napkin. Cara agar napkin tidak berantakan ketika dibalik adalah dengan memegang bagian tengah tepat di pertemuan ujung-ujung lipatan napkin.
Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 5 Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 6
4. Setelah napkin berhasil dibalik, lipat kembali semua ujung-ujung napkin sama seperti langkah sebelumnya.
Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 7 Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 8
5. Balik kembali napkin tersebut.
Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 9 Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 10
6. Lipat kembali semua sisinya ke arah tengah.
Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 11 Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 12 Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 13 Lipatan Napkin Snowflake atau Salju 14
7. Terakhir tinggal tarik semua sisinya keluar seperti membua origami kertas, dan napkin pun akan membentuk seperti salju.

Lipatan Ring

Lipatan Napkin Ring 1
1. Lipat napkin menjadi segi empat, kemudian posisikan bagian ujung napkin berada di atas hingga membentuk layangan.
Lipatan Napkin Ring 2
2. Ambil bagian sisi kiri napkin dan gulung berbentuk silinder hingga ke tengah napkin. Gulung juga bagian kanan napkin sampai ke tengah.
Lipatan Napkin Ring 3 Lipatan Napkin Ring 4
3. Setelah tergulung, masukkan napkin ke dalam cincin napkin atau cincin dekorasi dan posisikan sisi yang terdapat pertemuan antara gulungan sisi kiri dan kanan napkin di atas. Dan napkin siap dipakai.

Lipatan Cock Com / Bird of Paradise atau Burung dari Surga

Untuk melipat napkin dengan bentuk burung dari surga ini, diperlukan napkin yang telah disetrika dengan taburan sedikit kanji agar napkin lebih kaku dan mudah dibentuk.
Lipatan Napkin Cock Com  Bird of Paradise atau Burung dari Surga 1
1. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah dengan melipat napkin menjadi berbentuk segiempat kemudian posisikan ujung lipatan yang terbuka ke bagian bawah napkin.
Lipatan Napkin Cock Com  Bird of Paradise atau Burung dari Surga 2
2. Lipat semua ujung napkin yang terbuka ke arah atas sehingga membentuk segitiga sama kaki.
Lipatan Napkin Cock Com  Bird of Paradise atau Burung dari Surga 3
3. Ambil sisi kanan napkin dan lipat ke arah tengah. Berikan sedkit tekanan dengan jari agar lipatan napkin lebih rapi.
Lipatan Napkin Cock Com  Bird of Paradise atau Burung dari Surga 4
4. Lipat juga sisi kiri napkin ke bagian tengah napkin.
Lipatan Napkin Cock Com  Bird of Paradise atau Burung dari Surga 5
5. Setelah kedua sisi terlipat dengan rapi, maka lipat sisi bawah yang terbentuk ke bagian belakang napkin.
Lipatan Napkin Cock Com  Bird of Paradise atau Burung dari Surga 6
6. Lipat semua bagian bawah napkin tersebut dan rapika dengan cara ditekan.
Lipatan Napkin Cock Com  Bird of Paradise atau Burung dari Surga 7
7. Tegakkan napkin dan buka sedikit bagian atasnya.
Lipatan Napkin Cock Com  Bird of Paradise atau Burung dari Surga 8
8. Pegang bagian ujung napkin yang terlihat dari atas dan tariklah satu persatu lapisan hingga sekitar 20-45 derajat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar